Meditasi

Peran terpenting dalam belajar ilmu ghaib atau metafisika bukan terletak pada sebuah amalan atau rapal aji ajian, akan tetapi yang terpenting dalam mempelajari atau praktek ilmu ghaib terletak pada keyakinan

Ada dua aspek yang menunjang sugesti seseorang agar memiliki keyakinan kuat terhadap pemahaman meafisik / supranatural.

Kedua aspek tersebut yaitu Meditasi dan Dzikir.

Meditasi, terkadang disebut juga semadi, adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Makna harfiah meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan. Arti definisinya, meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku (wikipedia)

Dzikir berasal dari bahasa arab yang memilki arti secara harfiyah “mengingat”, Dzikir berbeda dengan Wirid, meskipun secara prakteknya sama tetapi memiliki makna dan tujuan yang berbeda. Wirid secara teori (dalam bahasan spiritual) adalah perilaku membaca sebuah amalan / doa dalam hitungan tertentu untuk menghasilkan tujuan tertentu, jadi secara sederhana wirid memiliki tujuan kusus untuk satu hajat tertentu.

Seorang spiritual dalam menjalankan laku batin mereka tidak terlepas dari salah satu dari dua hal diatas (Meditasi dan Dzikir), perbedaan mendasar dari keduanya hanya terletak pada sudut pandang, kalau Meditasi dianggap bukan sebagai bagian islam karena islam tidak mengenal meditasi, melainkan Dzikir.

Baik meditasi maupun dzikir sebenarnya apa yang di cari (dalam konteks yang berhubungan dengan belajar ilmu ghaib)?

Banyak yang bingung (terutama pemula) dalam menerapkan makna meditasi / dzikir (meditasi dzikir), mereka berfikir bahwa meditasi hanya sebuah perilaku duduk bersila dengan tenang tanpa bergerak (itu saja), namun kenyatannya cara seperti ini tidak efektif karena banyak yang tidak berhasil dengan pemahaman seperti ini.

Menurut hemat (pemahaman) saya, memahami meditasi dzikir (ya meditasi ya dzikir di lakukan bersamaan) atau sebatas meditasi saja adalah proses relaksasi pikiran, proses melepaskan semua permasalahan yang ada di fikiran dan hati, proses menyeimbangkan antara pikiran dan hati serta tubuh untuk mencapai satu taraf yaitu “pelepasan”

Pelepasan dalam artian ketika seseorang sudah memasuki mode meditasi mereka tidak sadar sedang berada di dalam kamar, atau tidak sadar sedang di tempat tertentu di mana di saat itu dia duduk.

Lalu bagaimana caranya bisa mencapai “pelepasan” tersebut?

Untuk bisa mencapai taraf pelepasan, memasuki satu alam atau dimensi ketenangan yang perlu di lakukan oleh pemula ketika praktek meditasi adalah baik pikiran maupun hati memusatkan (memikirkan) satu dunia tanpa bentuk, satu dunia tanpa isi, satu dunia tanpa ada apa apa selain kekosongan. Sederhananya jika tidak memahami kalimat di atas, ketika meditasi bayangkan warna hitam, bayangkan apa yang ada di pikiran dan di hati satu warna yaitu hitam.

Mengapa harus hitam karena menurut saya hitam bukanlah sebuah warna, tetapi kekosongan, jika hati dan fikiran anda menyatu maka “seharusnya” anda benar benar merasa sendiri di dalam dunia tanpa warna tersebut, sehingga dalam prosesnya nanti cepat atau lambat akan muncul dengan sendirinya warna warna lain seperti putih, biru, kuning, merah dll

Intinya bukan pada warna yang keluar tetapi pada “pemahaman” akan ketenangan atau pelepasan diri. Jika anda mencapai taraf ini (ketenangan / pelepasan) saya yakin anda akan sangat mudah memahami spiritual, anda akan mudah memiliki kepekaan, anda akan mudah melatih terawangan.

Apa tanda bahwa anda berhasil melakukan meditasi dzikir, jawabannya adalah anda merasa nyaman, nikmat, terlena semasa anda meditasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Share
Open chat
Butuh Informasi?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa di bantu?