Get Adobe Flash player

Apalah Arti Sebuah Nama? Menguak Keberatan Nama

keberatan nama sesuai aksara jawa

Nama adalah sebuah do’a atau harapan orang tua terhadap sang anak, sehingga tidak heran orang tua mendoakan sang anak melalui nama yang disematkan padanya. Jadi… omong kosong dengan pribahasa “apalah arti sebuah nama” itu hanyalah ungkapan nyeleneh orang lagi mabuk kelas berat :), sebab setiap nama memiliki arti, makna, harapan dan do’a orang tua terhadap sang anak, tidak ada ceritanya orang tua memberikan nama yang buruk bagi anaknya, sebab nama merupakan harapan dan do’a, kecuali orang tuanya tersebut orang tua sableng yang memberi nama anaknya dengan nama buruk. 🙂

Lantas bagaimana dengan fenomena Keberatan Nama?

Bagi orang jawa fenomena “keberatan nama” bukanlah hal yang baru, keberatan nama adalah nama pemberian orang tua yang dianggap terlalu berat bagi si anak “dalam filosofi jawa”, satu contoh keturunan ningrat mereka menyematkan nama Raden, ini berarti anak tersebut keturunan ningrat, orang biasa atau rakyat biasa yang tidak memiliki garis keturunan ningrat sebenarnya sah sah saja menggunakan nama depannya dengan nama Raden, namun status strata sosialnya yang sudah mengurat meyakini bahwa nama tersebut tidak akan kuat di tanggung oleh si anak, karena kepercayaan jawa nama Raden hanya mampu  di sematkan oleh keturunan ningat bukan rakyat biasa.

Fenomena keberatan nama inilah yang pada akhirnya menyeruak, bahwa sesungguhnya nama memiliki pengaruh dalam kehidupan si pemilik nama. Pertanyaanya sekarang adalah apakah nama yang anda miliki sekarang tidak keberatan bagai anda, atau jangan jangan nama anda justu terlalu berat untuk anda pakai???

Dalam kepercayaan jawa seseorang yang dianggap memiliki nama berat (keberatan nama) akan berdampak negatif dalam hidupnya seperti orang tersebut sakit sakitan, seret rejeki dan sebagainya, lalu bagaimana kita mengetahui jika nama tersebut kategori “Keberatan Nama?”

Orang jawa menyandarkan penamaan nama berdasarkan huruf aksara jawa yang di kenal dengan HANACARAKA di sesuaikan dengan perhitungan jawa (neptu), HANACARAKA tidak hanya sebagai aksara huruf jawa tetapi di dalamnya juga di yakini mengandung unsur mistis berdasarkan numerologi perhitungan matematika (keren toh…. bahkan orang jawa memiliki perhitungan matematikanya sendiri)

Setiap aksara jawa diyakini memiliki nilai berbeda seperti :

HO, DO, PO, MO nilainya adalah 1

NO. TO, DHO, GO nilainya 2

CO, SO, JO, BO nilainya 3

RO, WO, YO, THO  nilainya 4

KO, LO, NYO, NGO nilainya 5

sedangkan huruf Vokal seperti A, I, U, E, O tidak terdapat di aksara jawa nilainya adalah 0

Dari angka angka diatas digunakan sebagai patokan dalam menghitung total nama seseorang, yang di ambil dari susunan nama. Contohnya nama PAIJO, jika di hitung berdasarkan neptu maka hitungannya sebagai berikut :

PA (PO) = 1

I = 0

JO = 3

Total nilai 1+0+3 = 4

Dari jumlah diatas di proyeksikan di cocokkan dengan sugesti perhitungan neptu / unsur psikologi yaitu :

SRI nilainya 1

LUNGGUH nilainya 2

GEDHONG nilainya 3

LORO nilainya 4

PATI nilainya 5

ini berarti nama PAIJO total nilainya adalah 4, maka unsur psikologinya adalah ketemu neptu “LORO” yang berarti sakit. Sugestinya orang yang memiliki nilai 4 hidupnya akan sering mengalami sakit sakitan / mudah terkena sakit.

Contoh lain nama JOKO SAMUDRO

JO = 3

KO = 5

SA = 3

MUD = 1

RO = 4

Jika di hitung 3+5+3+1+4 = 16, untuk menghitung neptunya maka perhitungannya di cocokkan dengan niai diatas yaitu SRI, LUNGGUH, GEDONG, LORO, PATI, jika hitungannya lebih dari lima, maka di hitung lagi dari awal SRI, LUNGGUH, GEDHONG, LORO, PATI dan seterusnya sampai ketemu nilai neptunya, ini berarti nama JOKO SAMUDRO unsur neptunya adalah SRI

Menurut sugesti jawa tiap unsur memiliki arti tersendiri seperti 

SRI yang berarti Raja atau Ratu, orang yang jumlah namanya masuk kategori SRI, maka sugestinya adalah orang tersebut Insya Alloh kelak akan di beri anugrah kehormatan, jabatan atau pimpinan (positif)

LUNGGUH yang berarti Duduk, sugestinya orang yang nilai namanya berunsur LUNGGUH, Insya Alloh kelak akan di beri anugerah ketentraman dalam hidupnya, lancar rejekinya (positif)

GEDHONG yang berarti Gedung / Bangunan, sugestinya orang yang berunsur GEDHONG, Insya Alloh kelak dia akan di mudahkan dalam urusan dunia, dan mudah mencapai kejayaan dan menjadi kaya raya (positif)

LORO yang berarti Sakit, sugestinya orang yang berunsur LORO, hidupnya sering menemui kesulitan, fisiknya lemah dan sering sakit sakitan, entah sakit secara fisik atau sakit secara finansial (negatif)

PATI yang berarti Mati, sugestinya neptu ini paling di takuti, sebab orang berunsur PATI, kelak kehidupannya menemui banyak kendala, bahkan ada yang mengatakan neptu ini nama “paling berat” sebab jika bukan fisiknya yang benar benar mati, maka rejekinya yang mati (sangat negatif)

Lalu bagaimana jika nama yang sudah di berikan orang tua ternyata berunsur negatif? apa perlu berganti nama lain, itu berarti kita tidak mengormati orang tua?, karena nama itu pemberian orang tua?. Tidak perlu sampai demikian, nama yang sudah di berikan orang tua, meskipun secara numerologi neptu jawa berunsur negatif kita bisa mengakalinya dengan menambahkan nama di depan atau di akhir nama kita

Seperti contoh nama PAIJO diatas yang mana jumlahnya 4 yang memiliki unsur LORO, untuk mengakali agar tidak menjadi unsur negatif sekaligus menghormati orang tua yang sudah memberikan nama tersebut, anda tinggal menambahkan nama tambahan di depan atau di belakang nama PAIJO, seperti DIMAS PAIJO.

Jika sudah demikian maka perhitungannya

DI (do) = 1

MAS =1

PA = 1

I = 0

JO = 3

Jumlahnya 6, maka unsur neptunya adalah SRI, yang berarti positif. Tapi ingat…. orang tua memberi nama waktu anda bayi itu tidak asal memberi nama, ada selamatannya, ada sedekahnya, jadi jika anda ingin merubah / menambah nama lakukan hal yang sama seperti yang di lakukan orang tua anda yaitu selamatan, agar nama menjadi sebuah doa serta sesuai unsurnya. 🙂

One Response to Apalah Arti Sebuah Nama? Menguak Keberatan Nama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WA/LINE/TELP : +628977220099 BBM PIN : D0E45FA9 banyusucie@yahoo.com